Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada semester satu sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

1.Introduction to digital transformation and data science in Industry 4.0
2.Introduction to Python and computer programming (Basic I)
3.Data types, variables, basic input-output operations, basic operators (Basic II)
4.Boolean values, conditional execution, logical and bitwise operations (Basic III-Part 1)
5.Loops, lists and operation within list (Basic III-Part 2)
6.Function, argument passing (Intermediate I-Part 1)
7.Tuples, dictionaries, and simple python program (Intermediate II-Part 2)
8.Introduction to Data Science: benefits and uses of Data Science and Big Data, facets of data
9.Process Data Science: retrieving and cleansing data
10.Process Data Science: data transformation and EDA
11.Machine learning
12.Text mining
13.Text analytics
14. Data visualization

Diskripsi Singkat MK Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada MKDU sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada MKDU sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada MKDU, sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) MKDU PAI sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada MKDU sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada mata kuliah dasar umum, sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Mata kuliah dasar-dasar pemrograman diadakan dengan harapan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman komputer, mampu menyelesaikan permasalahan algoritma menggunakan flowchart, pseudocode dan diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman dengan struktur kondisi, struktur perulangan, prosedure, fungsi dan array.

Matakuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah matakuliah yang bersifat wajib bagi setiap mahasiswa yang beragama Islam di semua program studi. PAI merupakan salah satu Mata Kuliah Penghayatan Nilai dan Kepribadian yang diberikan kepada mahasiswa starata pertama (s1) pada mata kuliah dasar umum (MKDU), PAI sebagai pengembangan pemahaman dan pengetahuan umum mahasiswa tentang agama Islam.

Perkuliahan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 12 kali pertemuan ditambah 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai kompetensi Sains Data dalam bentuk algoritma dan metode yang diimplementasikan pada Bahasa Pemrograman Python.

Mata kuliah menerangkan konsep-konsep dasar algoritma dan pemrograman komputer, mampu menyelesaikan permasalahan algoritma menggunakan flowchart, pseudocode dan bahasa pemrograman, serta diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman dengan struktur kondisi, struktur perulangan, prosedure, fungsi dan array.