Mata kuliah pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan ini dapat lebih fokus dalam membina pemahaman dan penghayatan mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Artinya, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan diharapkan menjadi ruh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalitas mereka sesuai dengan bidang studi masing-masing. Selain itu, dengan mengacu kepada ketentuan pasal 2 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, sistem pendidikan tinggi di Indonesia harus berdasarkan Pancasila. Implikasinya, sistem pendidikan tinggi di Indonesia harus terus mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai segi kebijakannya dan menyelenggarakan mata kuliah pendidikan Pancasila secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab

Mata kuliah ini didesain untuk memberikan paradigma dan pemahaman tentang penelitian kualitatif dalam kajian sosial humaniora, khususnya bidang psikologi. Mahasiswa akan mendapatkan mempelajari ciri-ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif; Proses penelitian dan langkah-langkah penelitian; tahapan penelitian, perumusana masalah, dan tujuan penelitian, teknik penyusunan tinjauan pustaka, daftar pustaka, ragam teknik pengumpulan data hingga latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukan analisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas akhir skripsinya.

Bahasa  Indonsia  sebagai  rumpun  mata  kuliah  dasar  umum  (MKDU)  bersifat  wajib  bagi  setiap  mahasiswa di semua program studi. Matakuliah ini didesain agar mahasiswa memiliki keterampilan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca, berbicara, menyimak, dan menulis karya ilmiah. Mata kuliah ini berisi pengetahuan dan keterampilan dalam tata cara penulisan karya ilmiah, di mana mahasiswa dituntun untuk   menyusun karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PEUBI). 

Pada mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami konsep dasar psikologi kepribadian dari berbagai pandangan dan mampu menganalisa perilaku individu dalam kehidupan bermasyarakat/sosial dari sudut pandang psikologi kepribadian.


Mata kuliah Psikologi Klinis merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 Psikologi yang membahas tentang pengantar dalam memahami salah satu bidang ilmu di psikologi. Mahasiswa akan diajarkan tentang sejarah dan perkembangan psikologi klinis, jenis asesmen dan intervensi di dalam psikologi klinis, metode penelitian, permasalahan dalam diagnosa dan klasifikasi gangguan, serta isu-isu terbaru seputar psikologi klinis.

Dasar-dasar assesmen merupakan MK yang mempelajari tentang dasar-dasar keterampilan assesment. dimana didalamnya mengajarkan mahasiswa tentang metode dasar assesment yaitu bagaimana merencanakan, menyiapkan, dan melaksanakan sebuah assesment sederhana. Secara teknis mahasiswa akan diminta untuk bisa menguasai dasar-dasar pengetahuan tentang observasi dan juga wawancara baik secara teori maupun praktek.