Menjelskan tentang Mata kuliah ini memuat materi ajar yang mencakup arti dan lingkup filsafat, sebab-sebab lahirnya filsafat, ruang lingkup dan cabang-cabang dan aliran-aliran filsafat,  ciri dan karekteristik setiap aliran filsafat beserta tokoh-tokohnya, filsafat kemanusiaan, filsafat, psikologi, filsafat etika, filsafat estetika, sampai tentang eksistensialisme. Juga  memuat aliran-aliran pokok tentang rasionalisme, humanisme, dan filsafat kebahagiaan.


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa

S -1 Psikologi  karena  mata  kuliah  ini  merupakan  pengantar  dalam  memahami salah satu bidang di Psikologi. Pada mata kuliah ini dibahas tentang sejarah dan perkembangan serta isu-isu terbaru dalam Psikologi Klinis. Selain itu juga membahas  tentang  permasalahan  yang  terjadi  dalam  diagnosa  dan  klasifikasi, jenis assessment yang digunakan, jenis pendekatan dalam psikoterapi serta bidang spesialisasi dalam Psikologi Klinis

Matakuliah ini dirancang dengan maksud untuk memperluas wawasan hidup dan sumber daya manusian (SDM) mahasiswa, sehingga terbentuk mahasiswa memiliki sikap positf, menemukan makna hidup, memiliki harapan, menemukan kebahgiaan dan, jiwa spiritual, sosial, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, serta berpandangan luas tentang fenomena sosial, dengan memperhatikan tuntutan untuk menjalin harmoni antar sesama manusia baik dalam satu lingkungan maupun dengan lingkungan lain pada umumnya.


 Mata Kuliah Statistik 1 ini dalam penyajiannya teridiri dari 3 bagian, yang satu bagian dengan bagian yang lainnya sangat saling mendukung.  Artinya bahwa disetiap pertemuan akan menjadi dasar dalam memahami materi pada pertemuan berikutnya. Pada bagian pertama, akan membahas mengenai statistik Deskriptif yang memuat pokok bahasan tentang : Pengantar Stastistika, Nilai Rata-rata, Media , Modus, Simpangan Baku, Variansi, Kuartil, Persentil, serta berbagai jenis uji statistik yang berkaitan dengan uji statistic Parametrik yang diperuntukkan mengolah dan menganalisis data dalam penelitian dengan distribusi datanya menyebar secara Normal.  Pada bagian ketiga, akan membahas tentang Statistik Non Parametrik yang diperuntukan mengolah dan menganalisis data dalam penelitian dengan distribusi datanya menyebar secara Tidak Normal

Mata Kuliah Tes Inventori merupakan mata kuliah yang mengajarkan tentang tes Psikologi

Setelah melakukan pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan teori tentang pengertian statistika, cara mengorganisasi data, kecenderungan sentral, ukuran variabilitas, skor standar, teori peluang, pengujian hipotesis, serta korelasi sederhana. Selain itu dalam mata kuliah ini nantinya mahasiswa mampu mempraktekkan analisis data dengan menggunakan komputer dengan aplikasi exel dan SPSS.


Mata kuliah ini bersifat wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Psikologi, dengan bobot 6 SKS. Dalam prosesnya, mahasiswa mempelajari secara konseptual tentang psikologi secara umum. Materi perkuliahan diberikan dengan cara memperkenalkan dasar-dasar psikologi secara umum agar mahasiswa dapat lebih mudah dalam mendalami berbagai macam ilmu psikologi secara khusus yang akan dipelajari di semester selanjutnya.