67 Courses
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang membuat aplikasi mobile berbasis Mobile dengan menggunakan Android.
Mampu
memanfaatkan pengetahuan dibidang pengolahan citra digital. Mahasiswa
mampu memahami
metode pemrosesan citra untuk meningkatkan mutu citra, melakukan ekstraksi fitur
dasar citra untuk merancang algoritma aplikasi
pengenalan
citra
dengan fitur warna atau fitur bentuk baik secara individu maupun berkelompok/kerjasama
tim.
E-commerce meruapakan suatu proses bisnis yang dinamis yang memanfaatkan set teknologi dan aplikasi-aplikasi untuk menghubungkan perusahaan, konsumen dan masyarakat melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Ada beberapa contoh e-commerce yang sering digunakan di Indonesia diantaranya Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain-lain.
Sistem Data Terdistribusi merupakan sebuah sistem terdiri dari sejumlah elemen proses berupa kumpulan basis-basis data yang saling berhubungan secara logika dan tersebar pada sebuah jaringan komputer dengan berbagai platform perangkat yang terkoneksi melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama dalam melakukan suatu tugas
Sistem Data Terdistribusi merupakan sebuah sistem terdiri dari sejumlah elemen proses berupa kumpulan basis-basis data yang saling berhubungan secara logika dan tersebar pada sebuah jaringan komputer dengan berbagai platform perangkat yang terkoneksi melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama dalam melakukan suatu tugas
Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.
Matakuliah ini merupakan Matakuliah Lanjutan Basis Data Dasar yang lebih menitik beratkan pada sisi Teknis dengan menggunakan Database Management System (DBMS) MySQL dan Oracle, Adapun Ruang Lingkup Materi pada matakuliah ini adalah sebagai berikut :
(1). Review Basis Data Dasar Modul 5, 6 dan 7 (2). Optimasi Query dan Filtering data , (3). Penggunaan Fungsi Agregate, (4). Penggunaan Fungsi Aritmatika dalam Query, (5). Penggabungan Data, (6). Generate Report Menggunakan View, (7). Pemanfaatan Trigger, (8). Penanganan Transaksi (Bekerja dengan Class & Function, (9). Integrasi Basis Data, (10). Basis Data Terdistribusi, (11). Basis Data Spasial, (13). Presentasi Project (Studi Kasus)
Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien
Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien
Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien
Perkuliahan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 12 kali pertemuan. Ditambah 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Mata Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar Bahaasa Pemrograman Python dimana pembahasan diawali dengan pemahaman konsep dasar python dan dilanjutkan dengan pemahaman prinsip pemrograman berbasis obyek. Topik utama mata kuliah ini adalah mahasiswa mempraktekkan prinsip perancangan dan pemrograman dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Diakhir perkuliahan juga dibahas tentang perkembangan pemrograman berbasis obyek pada Bahasa pemrograman python.
Perkuliahan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 12 kali pertemuan. Ditambah 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Mata Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar Pemrograman Mobile menggunakan Framework KibyMD dimana pembahasan diawali dengan pemahaman konsep dasar Pemrograman Mobile menggunakan Framework KivyMD dan dilanjutkan dengan pemahaman prinsip pemrograman mobile berbasis user interface menggunakan Framework KivyMD. Topik utama mata kuliah ini adalah mahasiswa mempraktekkan prinsip perancangan dan pemrograman berbasis User Interface dengan menggunakan Framework KivyMD . Diakhir perkuliahan juga dibahas tentang Changing Screen mengunakan Screen Manager pemrograman mobile menggunakan Framework KivyMD.
Grafika Komputer kelas A, B
Dosen pengampu: Houari Sabirin
Buku teks perkuliahan: Computer Graphics, Principles and Practice, 3rd Edition, Hughes, et al.
https://drive.google.com/file/d/1K0fKv7bTExtufxdyDMGx2c-BhKItLdEK/view?usp=sharing
Materi dukungan: https://cgpp.net/about.xml
Jadwal kuliah:Penilaian:
50% tugas pemrograman (kelompok 3-4 orang)
30% tugas akhir/ujian akhir semester
20% ujian tengah semester
Ujian tengah semester: 1 hari, open book, bukan kerja kelompok
Tidak ada rekognisi untuk peserta KKN (silahkan mengambil di semester berikutnya)
Materi ini mencakup konsep sistem, peranan, strukur kerja, dan tahapan perancangan sistem informasi manajemen yang dapat diterapkan kedalam studi kasus.
Mata kuliah Algoritma & Struktur Data diadakan dengan harapan mahasiswa memahami konsep algoritma lanjutan untuk memudahkan pembuatan program yang terstruktur. Materi ini mencakup Algoritma dan Pemrograman Sequential, Branching dan Rekursif; Modular (Procedure dan Funtion); Array Multidimensi dan Struct/Record; Searching dan Shorting; Pointer dan File (berkas).