Global searching is not enabled.
Skip to main content

67 Courses

Pemorograman Mobile
Teknik Informatika
Preview Course

Dosen: Made Widiarta

Pemorograman Mobile

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang membuat aplikasi mobile berbasis Mobile dengan menggunakan Android.

Pengolahan Citra Digital
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: Nawassyarif .

Pengolahan Citra Digital

Mampu memanfaatkan pengetahuan dibidang pengolahan citra digital. Mahasiswa mampu memahami metode pemrosesan citra untuk meningkatkan mutu citra, melakukan ekstraksi fitur dasar citra untuk merancang algoritma aplikasi pengenalan citra dengan fitur warna atau fitur bentuk baik secara individu maupun berkelompok/kerjasama tim.

2021-1_E-COMMERCE 5B
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_E-COMMERCE 5B

E-commerce meruapakan suatu proses bisnis yang dinamis yang memanfaatkan set teknologi dan aplikasi-aplikasi untuk menghubungkan perusahaan, konsumen dan masyarakat melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Ada beberapa contoh e-commerce yang sering digunakan di Indonesia diantaranya Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain-lain.


2021-1_SISTEM DATA TERDISTRIBUS 7B
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_SISTEM DATA TERDISTRIBUS 7B

Sistem Data Terdistribusi merupakan sebuah sistem terdiri dari sejumlah elemen proses berupa kumpulan basis-basis data yang saling berhubungan secara logika dan tersebar pada sebuah jaringan komputer dengan berbagai platform perangkat yang terkoneksi melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama dalam melakukan suatu tugas


2021-1_SISTEM DATA TERDISTRIBUSI 7A
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_SISTEM DATA TERDISTRIBUSI 7A

Sistem Data Terdistribusi merupakan sebuah sistem terdiri dari sejumlah elemen proses berupa kumpulan basis-basis data yang saling berhubungan secara logika dan tersebar pada sebuah jaringan komputer dengan berbagai platform perangkat yang terkoneksi melalui jaringan komputer dan saling bekerjasama dalam melakukan suatu tugas




2021-1_TEORI BAHASA OTOMATA KELAS 1D
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_TEORI BAHASA OTOMATA KELAS 1D

Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.


2021-1_TEORI BAHASA OTOMATA KELAS 1C
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_TEORI BAHASA OTOMATA KELAS 1C

Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.


2021-1_Teori Bahasa Otomata Kelas 1B
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_Teori Bahasa Otomata Kelas 1B

Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.


2021-1_Teori Bahasa Otomata Kelas 1A
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

2021-1_Teori Bahasa Otomata Kelas 1A

Teori bahasa dan otomata merupakan bagian dari teori komputasi pada ilmu komputer yang berupa sebuah gagasan. Gagasan dasar tersebut dimodel dengan suatu simbol-simbol yang merepresentasikan juga suatu fungsi dari komputer digital. Teori Otomata adalah teori mengenai mesin-mesin abstrak, dan berkaitan erat dengan teori bahasa formal. ada beberapa hal yang berkaitan dengan Otomata, yaitu Grammar. Grammar adalah bentuk abstrak yang dapat diterima (accept) untuk membangkitkan suatu kalimat otomata berdasarkan suatu aturan tertentu.

Teacher: Rodianto .

BASIS DATA LANJUT

Matakuliah ini merupakan Matakuliah Lanjutan Basis Data Dasar yang lebih menitik beratkan pada sisi Teknis dengan menggunakan Database Management System (DBMS) MySQL dan Oracle, Adapun Ruang Lingkup Materi pada matakuliah ini adalah sebagai berikut :

(1). Review Basis Data Dasar Modul 5, 6 dan 7 (2). Optimasi Query dan Filtering data , (3). Penggunaan Fungsi Agregate, (4). Penggunaan Fungsi Aritmatika dalam Query, (5). Penggabungan Data, (6). Generate Report Menggunakan View, (7). Pemanfaatan Trigger, (8). Penanganan Transaksi (Bekerja dengan Class & Function, (9). Integrasi Basis Data, (10). Basis Data Terdistribusi, (11). Basis Data Spasial, (13). Presentasi Project (Studi Kasus)

Pemrograman Jaringan D
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

Pemrograman Jaringan D

Mata Kuliah Pemrograman Jaringan adalah mata kuliah wajib pada Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UTS untuk bidang peminatan Komputer Berbasis Network and SecurityMata Kuliah: Mata kuliah yang mempelajari konsep-konsep jaringan komputer khususnya pada Layer Aplikasi dan Teknik Pemrogramannya.

Rekayasa Perangkat Lunak C
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

Rekayasa Perangkat Lunak C

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien


Rekayasa Perangkat Lunak B
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

Rekayasa Perangkat Lunak B

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien


Rekayasa Perangkat Lunak A
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: yuliadi .

Rekayasa Perangkat Lunak A

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien

Teacher: Herfandi, A.Md.,S.Kom.,M.Kom

Pemrograman Python

Perkuliahan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 12 kali pertemuan. Ditambah 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Mata Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar Bahaasa Pemrograman Python dimana pembahasan diawali dengan pemahaman konsep dasar python dan dilanjutkan dengan pemahaman prinsip pemrograman berbasis obyek. Topik utama mata kuliah ini adalah mahasiswa mempraktekkan prinsip perancangan dan pemrograman dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Python. Diakhir perkuliahan juga dibahas tentang perkembangan pemrograman berbasis obyek pada Bahasa pemrograman python.

Teacher: Herfandi, A.Md.,S.Kom.,M.Kom

Pemrograman Mobile

Perkuliahan diselenggarakan sebanyak 14 kali pertemuan dalam satu semester, yang terdiri dari 12 kali pertemuan. Ditambah 2 kali pertemuan yang dikhususkan untuk pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Mata Kuliah ini membahas tentang dasar-dasar Pemrograman Mobile menggunakan Framework KibyMD   dimana pembahasan diawali dengan pemahaman konsep dasar Pemrograman Mobile menggunakan Framework KivyMD dan dilanjutkan dengan pemahaman prinsip pemrograman mobile berbasis user interface menggunakan Framework KivyMD. Topik utama mata kuliah ini adalah mahasiswa mempraktekkan prinsip perancangan dan pemrograman berbasis User Interface dengan menggunakan Framework KivyMD  . Diakhir perkuliahan juga dibahas tentang Changing Screen mengunakan Screen Manager pemrograman mobile menggunakan Framework KivyMD.

Teacher: Houari Sabirin

Grafika Komputer

Grafika Komputer kelas A, B

Dosen pengampu: Houari Sabirin

Buku teks perkuliahan: Computer Graphics, Principles and Practice, 3rd Edition, Hughes, et al.
https://drive.google.com/file/d/1K0fKv7bTExtufxdyDMGx2c-BhKItLdEK/view?usp=sharing

Materi dukungan: https://cgpp.net/about.xml

Jadwal kuliah:
Kuliah daring: Rabu, 19.00 - 20.30 WITA via Zoom
Studi mandiri: mempelajari pemrograman

Penilaian:
50% tugas pemrograman (kelompok 3-4 orang)
30% tugas akhir/ujian akhir semester
20% ujian tengah semester

Ujian tengah semester: 1 hari, open book, bukan kerja kelompok

Tidak ada rekognisi untuk peserta KKN (silahkan mengambil di semester berikutnya)



Sistem Informasi Manajemen
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: Shinta Esabella

Sistem Informasi Manajemen

Materi ini mencakup konsep sistem, peranan, strukur kerja, dan tahapan perancangan sistem informasi manajemen yang dapat diterapkan kedalam studi kasus.

Algoritma dan Struktur Data
Teknik Informatika
Preview Course

Teacher: Shinta Esabella

Algoritma dan Struktur Data

Mata kuliah Algoritma & Struktur Data diadakan dengan harapan mahasiswa memahami konsep algoritma lanjutan untuk memudahkan pembuatan program yang terstruktur. Materi ini mencakup Algoritma dan Pemrograman Sequential, Branching dan Rekursif; Modular (Procedure dan Funtion); Array Multidimensi dan Struct/Record; Searching dan Shorting; Pointer dan File (berkas).