Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan konsep-konsep dasar dalam ekonomi sumber daya alam. Pembahasan dalam mata kuliah ini merupakan tahap pengenalan dari konsep-konsep dalam Ekonomi Sumber Daya Alam. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan keterkaitan ekonomi dan sumber daya alam, pemanfaatan sumber daya alam yang optimal secara ekonomi, serta menganalisis persoalan-persoalan kelangkaan dan kerusakan sumber daya alam dan dengan menggunakan konsep-konsep yang dipelajari dalam teori mikroekonomi.

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib dan sangat penting pada Program Studi Ekonomi Pembangunan.  Setelah memahami konsep-konsep dasar dalam mempelajari mata kuliah Pengantar Ekonomi (Mikro dan Makro), maka kuliah Ekonomi Pembangunan I dimaksudkan agar mahasiswa memiliki kemampuan yang baik untuk memahami tentang konsep  teori-teori ekonomi pembangunan, isu-isu ekonomi terutama masalah-masalah yang dialami oleh negara berkembang, seperti masalah pengangguran, kemiskinan, distribusi pendapatan, pendidikan dan lain-lain. Selain itu yang tidak kalah penting adalah dalam mata kuliah ini akan dibahas pula kebijakan pemerintah yang diaplikasikan guna mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam perekonomian dan pembangunan.


Pemahaman dasar yang diberikan pada mata ajar ini di antaranya tentang mekanisme dasar  dan  hubungan  saling  mempengaruhi  antara  variabel  moneter dengan  berbagai  variabel  makroekonomi  serta  pengaruh  kebijakan  pemerintah dalam  sektor  finansial  terhadap  perekonomian.  Topik yang  dijelaskan  pada  mata ajaran  ini  di  antaranya  adalah  jenis  lembaga  keuangan  dan  mekanisme  pasar keuangan,  mekanisme  dasar  dan  hubungan  antar  variabel  inti  moneter  dengan berbagai variabel makroekonomi utama, pengaruh kebijakan pemerintah di sektor finansial dalam perekonomian.