Global searching is not enabled.
Skip to main content

14 Courses

Teacher: Rozzy Aprirachman

Statistik 2

Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Statistika 1. Mata kuliah ini dirancang untuk untuk membahas berbagai konsep statistika yang diterapkan dalam penyelesaian kasus-kasus dan penelitian dalam bidang ekonomi dan bisnis. Materi pembelajaran mencakup pengujian hipotesis 2 sampel, analsis varian, analisis regresi, Chi-square serta aplikasinya menggunakan program statistika.


Teacher: Edi Irawan

Teori Ekonomi Mikro 2

Mata kuliah Ekonomi Mikro 2 bertujuan untuk memberikan pendalaman dari berbagai macam analisis  mikroekonomi yang telah didapatkan dalam mikroekonomi 1 di mana grafik dijadikan alat analisa utama. Mata ajar ini merupakan analisis ekonomi yang membahas perilaku konsumen  dan perilaku produsen.



Komponen Penilaian:

Kehadiran dan keaktifan 15%

QUIS/TUGAS 20% UTS 30%

UAS 35%

Pengantar Teori Ekonomi Mikro
Ekonomi Pembangunan
Preview Course

Teacher: Fahlia .

Pengantar Teori Ekonomi Mikro

Mata Kuliah ini menjelaskan konsep permintaan, penawaran, harga, teori produsen, konsumen dan pasar serta menjelaskan peran pemerintah dalam menentukan harga dan pasar untuk pencapaian keseimbangan, keadilan dan kesejahteraan

Teacher: Rudi MasniadiTeacher: Fitriah Permata Cita

Ekonomi Pembangunan_Kelas EP20

Mata kuliah ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian dan penghayatan tentang masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang. Pembahasan mencakup (1) Definisi, pengertian dan teori ekonomi pembangunan, (2) Sejarah, proses, dan strategi pembangunan: (3) Peranan kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan perdagangan internasional dalam pembangunan ekonomi: dan (4) Kaitan antara pembangunan di negara berkembang dan tata ekonomi internasional baru. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiwa memiliki dasar-dasar pemahaman tentang konsep, teori serta isu seputar pembangunan ekonomi dan mengenal indikator & data-data empiris yang terkait dengan pembangunan ekonomi.

Matematika Ekonomi dan Bisnis
Ekonomi Pembangunan
Preview Course

Dosen: Abdul Hadi IlmanDosen: Diah Anggeraini Hasri

Matematika Ekonomi dan Bisnis

Mata kuliah ini membahas tentang fungsi dan penerapannya pada bidang ekonomi mikro dan makro dan diferensiasi

Dosen: Abdul Hadi Ilman

Seminar Karya Ilmiah dan Teknik Penulisan Ilmiah

Mata kuliah ini merupakan dasar bagi mahasiswa untuk mengenal jenis-jenis tulisan ilmiah, dan mempelajari cara menulis ilmiah, baik dalam bentuk artikel pendek, makalah, ataupun skripsi

Teacher: Mega Trishuta Pathiassana

Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan konsep-konsep dasar dalam ekonomi sumber daya alam. Pembahasan dalam mata kuliah ini merupakan tahap pengenalan dari konsep-konsep dalam Ekonomi Sumber Daya Alam. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan keterkaitan ekonomi dan sumber daya alam, pemanfaatan sumber daya alam yang optimal secara ekonomi, serta menganalisis persoalan-persoalan kelangkaan dan kerusakan sumber daya alam dan dengan menggunakan konsep-konsep yang dipelajari dalam teori mikroekonomi.

Teacher: Rudi Masniadi

Ekonomi Pembangunan 1

Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib dan sangat penting pada Program Studi Ekonomi Pembangunan.  Setelah memahami konsep-konsep dasar dalam mempelajari mata kuliah Pengantar Ekonomi (Mikro dan Makro), maka kuliah Ekonomi Pembangunan I dimaksudkan agar mahasiswa memiliki kemampuan yang baik untuk memahami tentang konsep  teori-teori ekonomi pembangunan, isu-isu ekonomi terutama masalah-masalah yang dialami oleh negara berkembang, seperti masalah pengangguran, kemiskinan, distribusi pendapatan, pendidikan dan lain-lain. Selain itu yang tidak kalah penting adalah dalam mata kuliah ini akan dibahas pula kebijakan pemerintah yang diaplikasikan guna mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam perekonomian dan pembangunan.


Dosen: Abdul Hadi Ilman

Ekonomi Moneter

Pemahaman dasar yang diberikan pada mata ajar ini di antaranya tentang mekanisme dasar  dan  hubungan  saling  mempengaruhi  antara  variabel  moneter dengan  berbagai  variabel  makroekonomi  serta  pengaruh  kebijakan  pemerintah dalam  sektor  finansial  terhadap  perekonomian.  Topik yang  dijelaskan  pada  mata ajaran  ini  di  antaranya  adalah  jenis  lembaga  keuangan  dan  mekanisme  pasar keuangan,  mekanisme  dasar  dan  hubungan  antar  variabel  inti  moneter  dengan berbagai variabel makroekonomi utama, pengaruh kebijakan pemerintah di sektor finansial dalam perekonomian.