Mata kuliah ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa membangun dan mengembangkan cara berpikir analitikal di dalam rangka penulisan artikel atau penelitian ilmiah di bidang makro/mikro ekonomi dan marketing.  Mekanisme perkuliahan melalui lecturing, penulisan, presentasi, dan diskusi atas materi yang disepakati antara dosen dan mahasiswa pada awal perkuliahan. Metode penelitian dalam bidang pemasaran, model, konsep variabel pemasaran, kritisasi terhadap hasil yang diperoleh dan termasuk ekonometrika yang dipergunakan dalam penelitian. Tujuan akhir dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun sebuah paper yang layak untuk dipresentasikan di pertemuan ilmiah dan/atau dimuat di jurnal.

Mata kuliah ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa membangun dan mengembangkan cara berpikir analitikal di dalam rangka penulisan artikel atau penelitian ilmiah di bidang makro/mikro ekonomi dan marketing.  Mekanisme perkuliahan melalui lecturing, penulisan, presentasi, dan diskusi atas materi yang disepakati antara dosen dan mahasiswa pada awal perkuliahan. Metode penelitian dalam bidang pemasaran, model, konsep variabel pemasaran, kritisasi terhadap hasil yang diperoleh dan termasuk ekonometrika yang dipergunakan dalam penelitian. Tujuan akhir dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun sebuah paper yang layak untuk dipresentasikan di pertemuan ilmiah dan/atau dimuat di jurnal.

Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, desain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian

Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, desain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian


Mata kuliah ini dirancang untuk memungkinkan mahasiswa membangun dan mengembangkan cara berpikir analitikal di dalam rangka penulisan artikel atau penelitian ilmiah di bidang makro/mikro ekonomi, corporate finance, Investment, behavior financial, dan banking.  Mekanisme perkuliahan melalui lecturing, penulisan, presentasi, dan diskusi atas materi yang disepakati antara dosen dan mahasiswa pada awal perkuliahan. Metode penelitian dalam bidang keuangan, model, konsep variabel keuangan dan proxynya, kritisasi terhadap hasil yang diperoleh dan termasuk ekonometrika yang dipergunakan dalam penelitian. Tujuan akhir dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menyusun sebuah paper yang layak untuk dipresentasikan di pertemuan ilmiah dan/atau dimuat di jurnal.