Mata kuliah ini mempelajari tentang beberapa aspek yang berkaitan dengan sistem analisis dan manajemen pengelolaan pangan halal.

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep mutu, penerapan prinsip pengendalian mutu, dan pengujian sensoris pada produk,

Mata kuliah ini membahas mengenai prinsip-prinsip perencanaan industri pangan, bahan baku, penunjang, dan prduk pangan, proses produksi, mesin dan peralatan, utilitas dan laboratorium, tata letak mesin dan pabrik, manajemen tenaga kerja, perencanaan industri, analisa keuangan dan kelayakannya.

Mata kuliah ini membahas aspek kehidupan perekonomian, baik secara makro maupun mikro yang meliputi ruang lingkup, serta evolusi manajemen pemasaran dengan berbagai konsepnya dalam memasarkan berbagai kelompok komoditas dan jasa.

Mata kuliah pengantar agroindustri memberikan gambaran umum tentang konsep agroindustri termasuk tantangan dan peluang agroindustri saat ini. Mahasiswa diberikan pemahaman tentang potensi dan pengembangan agroindustri. Untuk itu, mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai karakteristik bahan baku agroindustri, teknologi produksi agroindustri, transformasi pengolahan agroindustri dan mesin peralatan dan teknologi industri. Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mengelola agroindustri, termasuk manajemen bahan baku, manajemen operasional, manajemen sumberdaya manusia, manajemen teknologi, manajemen pemasaran, dan manajemen kualitas agroindustri.

Mata kuliah ini mempelajari konsep dan kesesuaian antara strategi rantai pasok dan strategi kompetitif perusahaan dan cara mencapainya, terminology dasar dan operasi rantai pasok dalam konteks lingkungan bisnis, kebijakan yang efektif dalam manajemen persediaan, variabilitas permintaan, peramalan, dan lead time pada tingkat persediaan dan biaya, serta memahami isu-isu nasional dan internasional dalam manajemen rantai pasok.

Mata kuliah ini membahas dan mempelajari prosedur, serta tata cara penulisan rencana penelitian (proposal), cara melakukan analisis data dan pembahasan, penulisan abstrak baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, maupun cara menyajikan hasil penelitian dalam bentuk laporan karya ilmiah. Pada penulisan karya ilmiah ditekankan untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Selain itu, mata kuliah ini dilaksanakan dengan menjelaskan teori dan memberikan tugas mandiri kepada mahasiswa.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal bagi teori ekonomi dan gambaran secara menyeluruh mengenai dasar penerapannya terhadap industri pertanian. Melalui mata ajar ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami ilmu mikro dan makroekonomi secara umum melalui diagram dan rumus yang sederhana.

Mata kuliah matematika I merupakan mata kuliah wajib yang diberikan kepada mahasiswa program studi Teknologi Industri Pertanian. Mata kuliah ini mencakup matriks, sistem persamaan linier, vektor, logaritma, fungsi, grafik fungsi