Matakuliah ini adalah matakuliah pilihan yang mengajarkan tentang peluang bahan pangan/ produk pangan sebagai makanan yang memberikan manfaat secara kesehatan ketika dikonsumsi.

Matakuliah ini mengajarkan tentang tberbagai macam proses yang terjadi pada pengolahan bahan pangan serta metode-metode pengolahan pangan yang sudah diterapkan secara komersil. 

Matakuliah ini akan mengajarkan tentang teknologi pangan pada produk hasil perkebunan yang saat ini banyak tersebar di market Indonesia.

Materi ini akan belajar dan berdiskusi tentang berbagai peluang produk baru yang menjadi minat konsumen di era ini. Selain itu, matakuliah ini akan mengakomodir mahasiswa untuk mampu menganalisa pasar serta menciptakan produk baru.

Matakuliah ini mengajarkan tentang proses pre-prosesing dalam pengolahan produk pangan. Matakuliah ini adalah bekal sebelum mahasiswa mengenal matakuliah rumpun Teknologi Pengolahan.

Matakuliah ini akan mengajarkan jenis-jenis teknologi pengolahan produk pangan secara umum dan diterapkan oleh masyarakat secara luas di era ini.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal bagi teori ekonomi dan gambaran secara menyeluruh mengenai dasar penerapannya terhadap industri pertanian. Melalui mata ajar ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami ilmu mikro dan makroekonomi secara umum melalui diagram dan rumus yang sederhana.

Teknologi Pengemasan adalah matakuliah yang mempelajari tentang teknologi-teknologi yang digunakan dalam pengemasan suatu produk pangan secara umum. Secara detail, matakuliah ini akan menjelaskan tentang sejarah pengemasan, macam-macam jenis pengemas,  fungsi dan tujuan pengemasan, kelebihan dan kekurangan bahan pengemas, design kemasan, kesesuaian pengemas dengan jenis produk yang dikemas serta banyak hal menarik lainnya.