Ekonomi Teknik (Engineering Economy) adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi dalam teknik yang terdiri dari evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek-proyek teknik. 

Kuliah ini berisi tentang pengertian dan terminologi keamanan, penyebab kecelakaan, pengertian K3, Peraturan berkaitan dengan K3, Sistem Manajemen K3, Alat Pelindung Diri, RK3K, Sistem Manajemen Lingkungan, K3 Pekerjaan Konstruksi, K3 Perancah, K3 Pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal, K3 Sistem Pemadam Kebakaran, Inspeksi K3 Konstruksi, Analisis Kecelakaan Kerja.

Dalam metalurgi, pemahaman dasar mengenai kristal dan mineral merupakan dasar yang harus dikuasai, karena kristal dan mineral merupakan komponen terkecil dari materi bumi. Mata ajaran ini adalah salah satu usaha jurusan Metalurgi, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang memiliki dasar-dasar metalurgi yang baik khususnya kristalografi dan mineralogi yang kuat sehingga mudah memahami ilmu-ilmu metalurgi yang lainnya.


Matakuliah Teknik Pengecoran dan Pengelasan merupakan mata kuliah pilihan Program Studi Teknik Metalurgi. Mata kuliah Teknik Pengecoran dan Pengelasan merupakan mata kuliah yang membahas lebih dalam tentang metode pengecoran logam, jenis-jenis proses pengecoran logam, juga membahas jenis-jenis metode pengelasan, jenis-jenis standard yang perhatikan dalam pengelasan, dan dampak pengelasan dari segi sifat mekanik material serta cacat yang timbul akibat pengelasan dan pengecoran logam.